19 Oktober, 2011

DOA RASULULLAH s.a.w. untuk BAKAL HAJI & HAJJAH

Jika saudara-mara dan rakan-rakan anda akan berangkat menunaikan haji, mintalah agar dia mendoakan anda, dan ucapkanlah doa untuknya sesuai doa Rasulullah s.a.w.:

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Alhajjul mabruru laisa lahul jazza-u illal jannah” yang artinya Haji yang mabrur tiada balasan kecuali Surga” (HR. Bukhari dan Muslim). Orang yang bergelar haji mabrur akan merasa malu kepada Allah SWT apabila melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang-Nya dan senantiasa akan menjaga lahir dan batin untuk selalu berada di jalur-Nya.

Mabrur …….. suatu predikat yang sangat diinginkan bagi mereka yang baru pulang dari tanah suci untuk melaksanakan rukun iman yang terakhir. Selamat datang kembali ke tanah air bagi yang baru pulang menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji / hajah yang mabrur. Bagi yang belum berkesempatan,semoga mendapat panggilan Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji dimasa-masa yang akan datang. 

Beberapa ulama mengatakan, ciri-ciri mabrur yang paling utama adalah berubahnya perilaku menjadi lebih baik. Kalau pelajar/mahasiswa maka akan meningkat semangat belajarnya, apabila pengusaha maka akan meningkat usahanya untuk membehagiakan keluarga. Meningkat semangat pengajiannya …… meningkat, meningkat dan meningkat ke arah positif.

Dr. KH. Miftah Faridl dalam bukunya “Antar Aku ke Tanah Suci” mengungkapkan, haji mabrur dapat terlihat setelah pulang dari tanah suci , “Ia menjadi gemar melaksanakan ibadah-ibadah sunnah dan amal sholeh lainnya serta berusaha meninggalkan perbuatan-perbuatan yang makruh dan tidak bermanfaat”.

Tiada ulasan: